AYO IKUTI KEGIATAN " PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC,BLOG PRODUKTIF " | FOPPSI SUMATERA SELATAN

0
PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC,BLOG PRODUKTIF



Salam Pendidikan,

Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru, Operator sekolah   dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK, FOPPSI Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Workshop dengan tema"Pemanfaatan Rumah Belajar dalam membuat media pembelajaran berbasis Motion Grafik dan Blog Produktif. Namun sebelum ada beberapa hal yang perlu diketahui  antara lain:

A. Latar Belakang

   Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan pada semua aspek kehidupan manusia di mana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan dengan upaya penguasaan dan peningkatan Ilmu Pengetahuan dan teknologi. Selain manfaat bagi kehidupan manusia disatu sisi perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global semakin ketat. Sebagai guru perlu meningkatkan kemampuan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang mumpuni guna mengarungi samudera persaingan di era globalisasi.Berbicara kualitas sumber daya manusia, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi. Diperlukan sistem pendidikan yang baik, terencana dan terukur. Indikasi ini dapat dilihat dari mulai banyak guru yang menggunakan media pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK. Diharapkan dengan proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK memberi kesan yang lebih berarti bagi peserta didik. 

          Kementerian pendidikan melalui portal rumah belajar merupakan portal resmi yang dapat diakses oleh guru, siswa dan orang tua. portal tersebut memiliki alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal ini menyediakan berbagai sumber belajar serta fasilitas yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Meliputi komunikasi dan interaksi antar komunitas, wahana aktifitas komunitas/forum, bank soal, katalog media pembelajaran. Sedangkan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Pustekkom memiliki peranan sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.

     B.   Bentuk Kegiatan

"       Workshop Pembuatan Media Pembelajaran, Blog Produktif Dan Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud".

     C.   Tujuan
  Tujuan dari Workshop ini yaitu  :

1. Agar Pendidik dapat memberikan materi kepada para peserta didik dengan menggunakan media Pembelajaran,
2.   Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Operator Sekolah dapat membuat blog produktif dan memanfaatkan Rumah Belajar Kemdikbud dengan lebih baik

     D.   Peserta Workshop

      Workshop ini diperuntukkan bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Operator Sekolah
     E.    Jangka Waktu Workshop
    Workshop dilaksanakan dengan jangka waktu selama 3 hari mulai tanggal 10-12 November 2018, dengan total waktu materi 72 Jam .

     F.   Tempat Pelatihan
Workshop Pembuatan Media Pembelajaran, Blog Produktif Dan Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud ini akan dilaksanakan di Wisma Atlit, Jl. Gelora Sriwijaya 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267

    G.    Pemateri/Narasumber
Nama             : Deni Demian Renovtri (DENI RANOPATI, S.Pd)
Prestasi  :
  1. Blogger Penerima Anugrah Peduli Pendidikan dari Presiden RI tahun 2015
  2. Anugerah tokoh masyarakat pegiat tik dari bupati  Tabalong 2016
  3. Juara 1 lomba website sekolah Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2016
  4. Duta Rumah Belajar Kemdikbud tahun 2018
    H.   Penyelenggara
    Workshop Pembuatan Media Pembelajaran, Blog Produktif Dan Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud ini ini diselenggarakan oleh:
  1. Nama Lembaga   : Forum Operator Pendataan Pendidikan Selururuh Indonesia (FOPPSI )Provinsi Sumatera Selatan
  2. Sekretariat     :SMP Daarul Aitam, Jln.Telaga Swidak 14 Ulu Kota Palembang
  3. No. Tlp    : 081373933933
Setelah membaca artikel di atas, diharapkan rekan guru dan operator pendataan sekolah dapat berkomtribusi langsung dengan  mengikuti kegiatan workshop  tersebut dapat melakukan langkah-langkah tersebut dibawah ini:
1. Untuk undangan bisa di unduh UNDANGAN WORKSHOP
2. Isi formulir registrasi pendaftaran Di sini
3. Silahkan konfirmasi Bukti transfer registrasi pendaftaran anda ke contac person yang tercantum di undangan.


Marilah kita sukseskan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan  dalam membuat media pembelajaran sehingga dapat kita implementasikan kepada peserta didik.


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top